Image of Belajar Keterampilan Motorik

Text

Belajar Keterampilan Motorik



Belajar keterampilan motorik atau keterampilan gerak merupakan sesuatu yang sangat penting. Gerak merupakan salah satu inti aktivitas manusia dalam kehidupan. Sejak manusia dilahirkan manusia sudah aktif bergerak. Dalam kehidupan sehari-hari ada dua bagian besar tentang gerak, yaitu gerak sebagai tujuan dan gerak sebagai alat atau instrumen untuk mencapai tujuan. Dalam realitas kehidupan, ternyata manusia sangat tergantung pada geraknya, terutama gerak sebagai alat untuk mencapai tujuan, oleh karenanya, gerak perlu dipelajari dan dilatih, sehingga gerak yang dilakukan menjadi efisien, efektif, dan produktif.
Buku ini membahas secara mendasar tentang gerak dan manusia, proses terjadinya gerak dan bagaimana mengajarkan dan melatih keterampilan gerak atau keterampilan motorik serta persoalan apa yang dihadapi ketika seorang mengajarkan atau melatih keterampilan gerak. Buku ini juga membahas tentang tingkat-tingkat belajar keterampilan motorik yang dibagi atas tiga tingkatan. Fase belajar tingkat pertama merupakan fase belajar keterampilan motorik dalam bentuk koordinasi kasar. Kemudian fase belajar keterampilan motorik tingkat kedua sebagai fase penguasaan keterampilan motorik dalam bentuk koordinasi halus. Adapun belajar motorik tingkat ketiga merupakan fase pembentukan automatisasi dan pembentukan kemampuan transfer keterampilan dan kemampuan motorik ke dalam berbagai situasi dan kondisi. Bagaimana aplikasi tingkat-tingkat belajar tersebut ke dalam proses pembelaiaran. dalam buku ini dibahasi secara perinci yang dilengl contoh-contoh konkret.
Memahami substansi buku ini sangat diperlukan dan san bantu baik bagi guru pendidikan jasmani, pelatih, dan instr dalam memilih materi dan metode serta strategi pembe sesuai bagi peserta didik atau para atlet binaannya.


Availability

00003772152.3 PHI bPerpustakaan MenporaAvailable
00003771152.3 PHI bPerpustakaan MenporaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
152.3 PHI b
Publisher Prenadamedia Group (Divisi Kencana) : Jakarta.,
Collation
x,156 hlm.; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-422-779-1
Classification
152.3 PHI b
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this