Image of Sukses Finansial di Masa Pensiun: Motivasi, Wirausaha dan Manajemen Keuangan yang Efektif

Text

Sukses Finansial di Masa Pensiun: Motivasi, Wirausaha dan Manajemen Keuangan yang Efektif



Indonesia mengalami bonus demografi, di mana jumlah penduduk mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Kondisi tersebut juga meningkatkan jumlah penduduk usia tua. Penduduk usia tua diprediksi akan mengalami peningkatan pada tahun 2030. Peningkatan tersebut disebabkan karena jumlah aging population di Indonesia sudah mengalami peningkatan sejak tahun 2020 sebesar 10%, berdasarkan informasi yang dihimpun dari BPJS. Secara keseluruhan, penduduk Indonesia akan mencapai populasi tertinggi pada tahun 2028-2030. Peningkatan jumlah penduduk ini bisa memberikan dampak positif dan negatif. Lapangan kerja yang tersedia saat ini masih kurang jika dibandingkan dengan peningkatan populasi dari waktu ke waktu. Kondisi tersebut menyebabkan banyak pengangguran dan berdampak pada menurunnya perekonomian negara maupun keluarga. Meningkatnya populasi penduduk usia tua atau pensiun juga bisa memberikan dampak negatif terhadap perkembangan perekonomian jika mereka memilih untuk tidak mencari pekerjaan lain. Untuk itu penduduk usia pensiun diharapkan mau kembali bekerja agar tetap bisa mencukupi dengan berwirausaha. kebutuhan sehari-hari dan juga bisa membantu pertumbuhan ekonomi negara. Salah satunya yaitu
Para pensiun biasanya ingin menghabiskan masa tuanya bersama keluarga, maka dengan berwirausaha dapat mewujudkan keinginan tersebut karena jam kerja yang lebih fleksibel. Survei yang dilakukan terhadap para pensiun membuktikan bahwa dengan terus melakukan kegiatan membuat mereka menjadi lebih bahagia dan kondisi kesehatan tetap terjaga. Dengan demikian, berwirausaha juga membuat pensiun selalu mendapat energi positif. Kesuksesan berwirausaha tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti religiositas, alasan pensiun memutuskan untuk berwirausaha serta cara pandang mereka terhadap risiko yang ditemukan dalam berbisnis.
Pengkajian ini akan melakukan pendalaman pembahasan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan pensiun berwirausaha, dengan menggunakan pensiun generasi X dan baby boomer sebagai sasaran peninjauan, membahas manfaat apa saja yang bisa didapatkan ketika pensiun memilih untuk berbisnis, melihat perbedaan kriteria pensiun sukses berwirausaha dari sudut pandang generasi X dan generasi baby boomer, serta membahas persiapan menghadapi masa pensiun.


Availability

00004024338.04 PAT sPerpustakaan MenporaAvailable
00004023338.04 PAT sPerpustakaan MenporaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
338.04 PAT s
Publisher deepublish : Yogyakarta.,
Collation
xiv, 211 hlm.; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-7297-4
Classification
338.04 PAT s
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this