Image of Catatan Seorang Demonstran

Text

Catatan Seorang Demonstran



Catatan Seorang Demonstran adalah catatan harian yang ditulis oleh Soe Hok Gie (SHG). SHG adalah seorang yang sangat rajin menulis catatan harian. Kadang bisa dua kali ia menulis catatan harian. SGH menulis buku harian sejak duduk di bangku SMP. Saat itu dia baru berumur 15 tahun. Ia menulis sampai dengan tanggal 10 Desember 1969, atau 6 hari sebelum kematiannya. (Daniel Dhakidae, yang ikut menyiapkan buku ini saat pra cetak mengatakan bahwa dalam buku ini catatan harian terakhir yang termuat adalah pada tanggal 8 Desember 1969.)

Salah satu buku bergenre catatan harian yang terkenal adalah karya Ane Frank. Sayang saya belum berkesempatan membacanya. Memang sangat jarang buku bergenre catatan harian. Apalagi di Indonesia. Buku ini adalah buku genre catatan harian yang saya baca. Selain dari catatan harian Soe Hok Gie, saya juga telah membaca catatan harian Mochtar Lubis yang dijuduli “Nirbaya: Catatan Harian Mochtar Lubis dalam Penjara Orde Baru.” Jika dalam catatan harian Mochtar Lubis saya mendapat kesan bahwa catatan-catatan di penjara itu akan diterbitkan, maka dalam catatan harian SHG saya tak menemukan niatan itu sedikitpun. SHG begitu lugas dan tanpa sensor menuliskan apa yang ada di pikirannya. Dia tak segan-segan menyampaikan kebenciannya kepada tokoh-tokoh yang tak disukainya. Ia begitu vulgar mengungkapkan perasaannya tentang berbagai hal.

Tentang isi catatan harian ini sudah sangat banyak diulas oleh Daniel Dhakidae dalam pengantarnya. Selain membahas proses pengumpulan catatan harian, menyiapkan edisi pra cetak dan kemudian pencetakannya oleh LP3ES, Daniel Dhakidae mengulas isi catatan harian SGH dari sisi munculnya manusia-manusia baru di Indonesia pada jaman itu. Daniel Dhakidae juga menunjukkan kecedekiawanan SHG serta tragedi yang dialami oleh SHG dalam hidupnya.


Availability

00004213920.059 8 DAN sPerpustakaan MenporaAvailable
00004214920.059 8 DAN sPerpustakaan MenporaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
920.059 8 DAN s
Publisher Pustaka LP3ES : Depok.,
Collation
406 hlm.; 24 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3330-33-3
Classification
920.059 8 DAN s
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this