Image of Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik

Text

Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik



Peran model pembelajaran yang diadopsi Kurikulum 2013 dinilai mempunyai peran yang besar dalam dunia pendidik dalam melayani generasi zaman now. Pembelajaran perlu dirancang secara tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran idealnya mengupayakan agar peserta didik setelah selesai belajar dapat memanfaatkan hasil-hasil pembelajaran sebagai bekal hidup dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat. Dalam pembelajaran banyak model yang dapat adopsi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang komprehensif ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.

Pemilihan pendekatan pembelajaran ini dipandang mampu mencapai tujuan pendidikan yaitu keseimbangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam diri siswa. Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach). Pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning) memiliki potensi untuk mendorong siswa lebih aktif, mandiri, sesuai dengan belajarnya masing-masing, sesuai dengan perkembangan usia siswa, irama yang dipandu agar terus dinamis dan mempunyai kompetensi yang tinggi. Cooperatif Learning merupakan salah satu model dalam pembelajaran yang berorientasi pada siswa.

Model pembelajaran kooperatif seperti Teams Games Tournament (TGT) dan Jigsaw, merupakan model pembelajaran Cooperatif Learning. Dalam pembelajaran kooperatif didasarkan pada prinsip bahwa siswa harus belajar bersama dan bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dan pembelajaran teman-teman dalam satu kelompok. Tercapainya tujuan dan kesuksesan kelompok bila semua anggota kelompok benar-benar mempelajari materi yang ditugaskan. Pembelajaran kooperatif dengan melibatkan dalam kelompok pembelajaran teman sebaya lebih mudah ditangkap dengan cara bahasa mereka.


Availability

00004263371.1 AGU mPerpustakaan MenporaAvailable
00004264371.1 AGU mPerpustakaan MenporaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
371.1 AGU m
Publisher deepublish : Yogyakarta.,
Collation
x, 122 hlm.; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-209-916-6
Classification
371.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this