Image of Merajut Asa Meraih Mimpi Jadi Penulis : Antologi Kumpulan Cerpen, Essay dan Puisi

Text

Merajut Asa Meraih Mimpi Jadi Penulis : Antologi Kumpulan Cerpen, Essay dan Puisi



Buku “Merajut Asa Meraih Mimpi Jadi Penulis adalah sebuah antologi karya 43 penulis. Antologi tersebut merupakan sebuah antologi cukup unik. Umumnya antologi berisi karya sejenis dari beberapa penulis. Misal, antologi puisi, isinya puisi-puisi karya beberapa penyair yang diterbitkan dalam satu buku.

Antologi “Merajut Asa Meraih Mimpi Menjadi Penulis”, isinya artikel, essai, opini, cerpen, dan puisi dari 43 orang penulis alumni Kelas Menulis Online (KMO) Alineaku Bacth 7B.

Ya, lazimnya memang begitu. Beberapa penulis puisi bergabung menerbitkan antologi puisi. Penulis cerpen membuat antologi cerpen.

Tetapi, ada hal yang membuat para alumni KMO Alineaku Bacth 7B “ngotot” menerbitkan satu buku saja untuk semua karya mereka, yakni ikatan kebersamaan. Satu alumni, satu angkatan, satu buku.

Satu bulan mereka dipersatukan oleh satu kegiatan bersama, yakni belajar menulis. Dalam satu bulan itu interaksi antar mereka terjalin dalam satu grup WA. Meskipun daring rasa ingin saling mengenal satu sama lain tumbuh secara perlahan.

Para peserta Kelas Menulis itu terdiri dari beragam latar belakang level pendidikan, ekonomi, strata sosial, suku, ras dan agama, dan berbagai profesi. Ada dokter, dosen, guru, pensiunan swasta/PNS, ibu rumah tangga.

Dilihat dari tempat asal suku ada dari Aceh, Papua, NTT, Maluku, Medan, Padang, Lampung, Palembang, Bali, Balikpapan, Samarinda dll.

Mereka ingin mempererat hubungan antar-mereka dengan menerbitkan satu buku. Buku itu kelak menjadi ikon persahabatan dan persaudaraan mereka. Mereka berharap buku ini kelak bisa mendorong mereka tetap produktif menulis. Juga bisa menjadi inspirasi masyakat umum untuk ikut terjun ke dunia literasi.

Lebih dari itu tentu saja bisa menjadi perekat ikatan kebangsaan untuk NKRI. Para penulis ini dengan karyanya tersebut telah menunjukkan komitmen kebangsaan yang tinggi. Tidak ada sekat suku, ras, golongan, agama, dan status sosial.

Antologi ini terdiri dari tiga bagian (Bab), yakni artikel (27 judul), puisi (11 judul), Cerpen (13 judul).


Availability

00004295818 ABD mPerpustakaan MenporaAvailable
00004296818 ABD mPerpustakaan MenporaAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
818 ABD m
Publisher deepublish : Yogyakarta.,
Collation
xii, 274 hlm.; 20 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-1981-8
Classification
818
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this